Thursday, 5 March 2009

Seragam Sekolah Sailor di Jepang

ak baca blog seseorang..dan nemuain topik bagus nih....aku critain ulang ala unis yah..watatatatataa...

jAdi mungkin slama ini banyak yg bertanya tanya knp sh pakaian seragam pelajar jepang tu kayak sailor(pelaut)


2164684_g.jpg aiko_1204_narrowweb__300x3300.jpg princessaiko-727354.jpg

(Gambar kiri, anak SD) (Gambar kanan Putri Aiko dengan seragam TK-nya)


nah ternyata pakaian ala sailor tu ide seorang kepala sekolah Fukuoka jo gakuin, Ibu Elizabeth Lee. Waktu itu anak-anak putri Jepang mengenakan kimono ketika bersekolah yang tentu saja menyulitkan gerak gerik mereka ketika berolahraga. so si ibu kepsek teringat dengan model seragam yang dipakainya ketika belajar di Inggris, yaitu baju sailor. Tahun 1918, bu Elizabeth meminta seorang penjahit di Oota Toyokichi (太田豊吉)untuk menjahitkan baju atasan seragam anak-anak putri. Setelah jadi, baju sailor itu ternyata robek ketika dipakai berolah raga, maka bu Elizabeth menyarankan agar dipasang resleting di bagian kiri/kanan baju dari arah ketiak.Tapi kelihatannya resleting ini tidak lazim sekarang.

Selanjutnya gerakan anak2 masih juga terhambat karena rok yang mereka pakai masih berbentuk lurus panjang. Maka bu Elizabeth datang kembali ke penjahit dan menjelaskan agar dibuat rok yang memudahkan anak-anak bergerak dan tetap kelihatan cantik :D Penjahit mendapat ide membuat rok berlipit-lipit setelah melihat gorden yang tertiup angin tetapi setelah itu dan dapat kembali ke bentuk semula. Akhirnya dibuatlah rok lipit-lipit yang semula tidak pendek seperti sekarang. Tapi lambat laun rok yang dipakai siswi2 Jepang semakin pendek.

Tahun 1921, pertama kali pemakaian seragam sailor di Jepang. Pada tahun yang sama, sekolah Kinjou gakuin di Aichi juga memutuskan menggunakan seragam sailor. Adapun anak laki-laki mereka berseragam seperti tentara Jepang dulu, lengkap dengan topinya yang disebut dengan `gakuran`. Pakaian sailor untuk siswi sebenarnya juga agak berkesan militer.

406px-japanese_school_uniform_dsc06051.jpg img_4799.jpg (seragam anak SMA)

Seragam sailor biasanya dilengkapi dengan dasi (beragam modelnya), lalu disertai rok kotak-kotak berlipit-lipit, dan pada musim dingin para siswi sering memadukannya dengan loose shocks (kaus kaki kedodoran). Di beberapa sekolah seragam sailor tidak dipakai lagi, tapi diganti dengan blazer atau kemeja putih berlengan pendek atau panjang. Tapi rok yang dikenakan sama saja….pendek ! Anak-anak SMA lebih modis dan punya gaya berseragam yang unik-unik :D

loosesockswp.jpg kaus kaki kedodoran :D

Dengan pakaian seragam, anak sekolah mudah untuk dikenali, apalagi jika mereka bolos pada jam-jam sekolah :D Tapi seragam juga menjadi dilema bagi sekolah-sekolah untuk anak-anak tak mampu, yang jangankan untuk membeli seragam, memenuhi hajat perut hari ini pun mereka kesulitan.

2 comments:

Fitri said...

blog kamu bagus, walaupun agak ruwet juga karena templatenya. Ini aku udah bisa kasih komentar di blog kamu. Makasih atas kunjungannya

Fitri said...

kamu pakai komentar yang moderasi ya?semua bisa nampil jika kamu menyetujuinya. Caranya klik moderasi komentar dan klik setuju atau tampilkan komentar selesai dech...tidak usah pakai html.