Saturday 14 March 2009

Widget penting buat blog

Widget untuk sebuah blog atau web adalah sebuah tool (alat yang berguna) dalam memaksimalkan keindahan, kecantikan, serta “kenarsisan” blog Anda. Widget sendiri merupakan sebuah elemen yang berguna dan mudah digunakan baik yang telah disediakan oleh penyedia layanan blog yang Anda gunakan maupun berasal dari third party atau pihak ketiga.Note: Saya sarankan jangan terlalu berlebihan memasang widget karena selain agama juga melarang *kesannya* memasang widget yang berlebih-lebihan *terlalu banyak* bisa mengakibatkan blog jadi terkesan kumuh dan membebani loading halaman blog Anda sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi PLP.

1. MyBlogLog’s Recent Readers - Widget satu ini sejak kehadirannya didunia lain blog langsung mendapat sambutan meriah layaknya seleb baru yg lagi naek daun. Widget ini memperlihatkan avatar dari para pengunjung blog Anda. Dan dengan kepopuleran widget satu ini sampai-sampai manajemen MyBloglog mampu meyakinkan Yahooo (baca: yahuu) untuk membeli sahamnya. *Mantab sangad* So, yang Anda perlukan untuk mendapat widget ini adalah mempunyai account yahuu.

2. Mashable - Widget ini menyediakan semacam newsreel (headline news) dalam element blogger yang memberikan cuplikan berita/postingan dari sosial networking. Bedanya ada pilihan warna untuk disesuaikan dengan layout blog Anda.

3. FEEDJIT - Widget ini paling wuenak diantara widget lainnya, misalkan kalo kita lagi cape, lesu, sendi-sendi lagi nggak enak, otot kaku, badan pegal, masuk angin… maka suruh aja si mbok untuk feedjit *oooh itu pijit ya* heuheu. Feedjit merupakan layanan real time traffic pada blog Anda. Ada empat pilihan widget Feedjit yang bisa Anda gunakan, silahkan kunjungi saja Feedjit dan lihat empat widget apa saja yang tersedia.

4. LineBuzz - Komentar dalam widget inline untuk Blog Anda. Widget ini sangat berguna bagi blog yang memiliki frekuensi di atas 900 Mhz tinggi dalam menerima komentar, sehingga memudahkan berkomentar jika terjadi diskusi yang berkepanjangan *waaah keren euy*. Hanya sayang, pengunjung harus terdaftar LineBuzz dulu untuk berkomentar *bikin berabe juga*

5. ClockLink - Sepertinya widget ini yang paling banyak diminati dan digunakan para blogger yang peduli dengan manajemen waktu *ekhm* seperti namanya clock, widget ini menampilkan petunjuk waktu atau jam pada blog Anda.

6. WhoLinked - Memperlihatkan kepada pengunjung blog Anda situs-situs yang telah melink pada blog Anda. tidak perlu mengupdate karena WhoLinked ini secara teratur mengupdate sendiri web/blog yang melink blog Anda.

7. Calender - Berbeda dengan wordpress yang sudah mempunyai widget ini di dalamnya, untuk pengguna blogger widget kalender belum tersedia, oleh karenanya jika Anda ingin menampilkan kalender maka widget satu ini pantas di perhitungkan.

8. FeedCount - Menampilkan jumlah pengunjung blog Anda melalui banner kecil dan widget ini berhubungan dengan account feedburner Anda.

9. Technorati Link Count - Menampilkan reaksi jumlah link yang menuju blog Anda dari salah satu directory blog terbesar dan terpopuler abad ini… dialaaaaaaah Technoraaaaati. *juara tinju dunia kita* halaaaah.

10. MyPageRank - Inilah cara lain untuk sombong menunjukkan betapa hebat dan bermanfaatnya blog Anda dengan menampilkan Ranking Google atau Google PageRank (PR). Penilaian PR google ini seperti saat kita SD dulu ada rangking 1 sampe 10, bedanya PR yang baik menurut google itu yang lebih besar alias 10, kalo baru satu berarti belum besar-besar amat blog Anda.

11. CheckPageRank - Pilihan lain untuk menampilkan PR blog Anda, namun kelebihannya widget ini menampilkan juga ranking Alexa.

12. Counter Statistic - Bagi Anda yang ingin melihat jumlah pengunjung Anda sehari-hari, maka widget ini adalah salah satu yang menyediakan fasilitas tersebut.

13. Vizu - Pilihan widget lain untuk membuat poling pada blog Anda, kelebihannya widget ini cocok dengan platform blog manapun.

14. Shoutbox - Fungsi shoutbox adalah untuk menampung pesan singkat teman atau para blogger yang tengah blogwalking. Untuk shoutbox banyak pilihan yang bisa Anda gunakan diantaranya, Shoutmix, Cbox, atau kalo Anda berorientasi nasionalis dan cinta produk dalam negeri Anda bisa memilih Oggix. Dan awal 2008 ini oggix pun meluncurkan versi blognya, jika Anda ingin berpindah layanan atau sekedar mencoba blognya oggix silahkan daftar. Pssst jangan bilang kalo saya udah nyoba blognya oggix, klik disini untuk melihat blog oggix punya saya *heuheu*

No comments: